Pengertian dan Definisi Web Browser




Pengertian web browser


Pengertian web browser-Web browser atau Penjelajah web ialah suatu software yang di rancang untuk menerima dan meyajikan segala sumber informasi internet. Sumber informasi tersebut berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.Walaupun Web Browser  ditujukan untuk mengakses Internet, sebuah penjelajah juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh web server dalam suatu atau berkas pada suatu database.


Awalnya, web browser hanya menampikan  teks saja  dan belum dapat menampilkan gambar,video ,musik bahkan dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informatif.Beberapa penjelajah web yang populer adalah Google Chrome , Firefox , Internet Explorer , Opera, dan Safari.Ketika user mengetik nama website di browser maka akan di ubah dulu menjadi IP address oleh DNS lalu mengirimkan ke beberapa server sampai ketemu alamat yang di cari

Cara kerja web browser
ketikan user ingin mengunjungi suatu website maka terlebih dahulu dns mencarikan ip address dari situs tersebut. kalau sudah ketemu maka browser akan meminta permintaan ke web server dari situs tersebut untuk menampilkan halaman atau database  yang dicari jika halaman di cari tidak ada maka browser mengirimkan respon HTTP 404 page not found.



Manfaat dan kegunaan Web Browser :
  • Segala informasi yang kita jumpai di internet dapat mudah dan cepat kita dapatkan.
  • Mempermudah  mengakses konten pada suatu web.  
  • Untuk membuat aplikasi Web, untuk itu di haruskan membuat kode html. jadi kita juga memerlukan  suatu editor yang berguna untuk mengetik, mengedit atau menyimpan dokumen-dokumen Html. 
  • Mempermudah mengakses jejaring sosial seperti Facebook, Google plus, twitter, Path dan masih banyak lagi.
  • Mempermudah mendownload file yang ada di suatu Web. 
  • Dapat memainkan musik maupun video streaming  seperti Youtube.
Mempercepat browser Mozilla Firewox

Rutin update firewox terbaru
Mengupdate browser memang harus diperlukan karena agar browser firewox dapat bekerja secara optimal tanpa terjadi kesalahan yang tak di inginkan. Ketika aplikasi mendapatkan update maka di versi terbaru tersebut mengalami perbaikan dari versi sebelumnya. Ini sangat  bermanfaat bagi pengguna komputer/laptop supaya tidak terjadi kesalahan akibat aplikasi yang jarang diperbarui 


Hapus history pada mozilla
Ketika anda berkunjung suatu situs maka browser akan otomatis menyimpanya riwayat tersebut di dalam browser. Kadang kala kita kerap kali menghiraukan masalah ini.Dengan menghapus riwayat browser dan cookies maka tanpa kita sadari dapat meringankan beban browser sehingga browser jauh lebih cepat dari sebelumya.


Remove add ons tidak dipakai
Memang add ons sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan yang tak bisa dikerjaan browser standart.tapi kadang kala add ons yang kita miliki tidak semua di pakai, pasti ada beberapa yang jarang di pakai. lebih baik anda remove saja add ons yang jarang di pakai  tersebut agar browser tidak terbebani.


Tambahkan add ons FasterFox 
Termasuk add ons yang berguna untuk mempercepat browser mozilla firewox. tapi sebelum itu anda perlu menginstalnya ke dalam browser. cara ini termasuk  cara yang mudah untuk di praktekan. Jadi anda tak perlu lagi melakukan beberapa pengaturan agar browser mozilla menjadi cepat.

Artikel Terkait

Pengertian dan Definisi Web Browser
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

"tinggalkan jejak kawan , karena sebuah tulisan dapat mengambarkan dirimu sendiri"