Pengertian Network Monitoring System dan Contoh Softwarenya


pengertian network monitoring system dan contoh softwarenya


Pengertian Network Monitoring System-Networking monitoring ialah suatu sistem yang dibangun untuk tujuan memantau jaringan serta melihat kondisi lalu lintas jaringan tersebut. Jadi bila di temukan lalu lintas jaringan mencurigakan , maka administrator dapat menerapkan beberapa tindakan/pencegahan terlebih dahulu.Agar kondisi jaringan tersebut tetap dalam keadaan aman. Tanpa kita sadari ada beberapa virus komputer yang dapat menggunakan jaringan networking pada komputer.Untuk itu networking monitoring sangat dianjurkan.


Jaringan Tomography  
Merupakan area yang penting dari pengukuran jaringan,ini berkaitan dengan monitoring kesehatan berbagai link dalam suatu jaringan menggunakan probe end-to-end yang dikirim oleh agen yang terletak di titik pandang dalam jaringan internet.


Route analytics 
Adalah bidang penting dari pengukuran jaringan. Ini termasuk metode, sistem, algoritma dan alat-alat untuk memantau postur routing jaringan.bila terjadi Salah routing atau routing yang bermasalah akan menyebabkan penurunan kinerja yang tidak diinginkan atau downtime. Berbagai jenis layanan monitoring protokol Situs Web dapat memeriksa halaman HTTP, HTTPS, SNMP, FTP, SMTP, POP3, IMAP, DNS, SSH, TELNET, SSL, TCP, ICMP, SIP, UDP.


Media Streaming dan berbagai pelabuhan lain dengan berbagai interval cek mulai dari setiap empat jam untuk setiap satu menit. Biasanya, sebagian besar layanan jaringan pemantauan menguji server Anda di mana saja antara sekali-per-jam untuk sekali-per-menit. 


Monitoring Server Internet 
Lihat juga: Situs Web pemantauan Pemantauan server internet berarti bahwa pemilik server yang selalu tahu jika salah satu atau semua jasanya turun. monitoring server mungkin internal, software yaitu server web memeriksa status dan memberitahukan pemilik jika beberapa layanan turun, dan eksternal, yaitu beberapa web server monitoring perusahaan memeriksa status layanan dengan frekuensi tertentu. monitoring server dapat mencakup pemeriksaan dari sistem metrik, seperti penggunaan CPU, penggunaan memori, kinerja jaringan dan ruang disk.



Hal ini juga dapat mencakup pemantauan aplikasi, seperti memeriksa proses program seperti Apache, MySQL, Nginx, Postgres dan lain-lain. monitoring eksternal lebih handal, karena terus bekerja ketika server benar-benar turun. alat monitoring server yang baik juga mempunyai kinerja benchmarking,dan kemampuan untuk menghubungkan batas tertentu dengan pekerjaan Server otomatis seperti penyediaan lebih banyak memori atau melakukan backup mengingatkan.(sumber:Wikipedia)


Manfaat  Networking Monitoring lainya adalah memonitoring masalah yang ditemukan dijaringan seperti overload, server terjadi crash, kondisi jaringan buruk. Bagusnya lagi bila terjadi sesuatu maka sistem NMS akan memberikan pesan peringatan untul admunistrator.



Seperti  server mengalami crash,overload,kondisi jaringan yang buruk dan lain sebagainya. Seperti jika perangkat software maupun hardware sedang mengalami crash maka NMS akan memberi pesan peringatan untuk administrator.Ada beberapa contoh software untuk networking monitoring seperti di bawah ini
  •  Microsoft Network Monitor
  • Wireshark
  •  Nagios
  • OpenNMS
  •  Advanced IP Scanner
  •  Capsa Free
  •  Fiddler
  • NetworkMiner
  •  Pandora FMS
  • Zenoss Core

Untuk melakukan monitoring jaringan sekarang ini sudah lebih mudah karena berkat software khusus untuk menangani masalah network monitor.Seperti pada software Microsoft Network Monitor 3.4 yaitu perangkat lunak yang mempunyai fungsi untuk mengetahui lalu lintas data yang sedang dikirim maupun diterima oleh  jaringan komputer yang bersangkutan. Bukan hanya itu saja, software Mirosoft Network monitoring juga dapat menganalisa sample pada jaringan tersebut.   



Cara melakukan instalasi Microsoft Network Monitor 3.4
Bila belum punya software Microsft Network Monitoring , Maka anda bisa download aplikasi tersebut ke situs resmi Microsoft lalu terapkan cara seperti dibawah ini  
  • Buka software Microsoft Network Monitor 3.4 yang anda download.
  • Proses installan sedang berlangsung.
  • Klik next pada MS Network Monitor 3.4 setup.
  • lalu  pilih I agrrement dan klik next.
  • Pilih tipe installasi yaitu complete installation.
  • Kemudian klik install, maka software akan memproses installasinya. Tunggu hingga selesai.
  • Jika proses instalasi sudah selesai, lalu klik finish. maka perangkat lunak Microsoft Network Monitoring sudah bisa pakai. 

Artikel Terkait

Pengertian Network Monitoring System dan Contoh Softwarenya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

"tinggalkan jejak kawan , karena sebuah tulisan dapat mengambarkan dirimu sendiri"