Pengertian Optical Disk Dan Gambarnya

Pengertian Optical Disk Dan Gambarnya

Pengertian optical disk yaitu suatu tempat penyimpan data elektronik yang bisa ditulis maupun dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah. Pada tahun 1960 merupakan awal perkembangan cakram optik untuk pertama kalinya.Diciptakan oleh  James T. Russell. walaupun teknologi penyimpanan data terus  berkembang seperti teknologi penyimpanan flash memory yang cukup praktis tanpa perlu menggunakan drive optik. tapi penyimpanan ini masih digunakan sebagai memyimpan film atau musik yang dapat di putar di dvd player


Cara kerja optical disk
dalam membaca data optical disk yang menggunakan laser maka  data tersebut akan diubah menjadi sinyal listrik. Oleh sebab dari itu cakram  dapat menampilkan audio atau visual. Tepatnya tahun 1982 philips dan sony sudah  merilis CD (compact disk).Sejak saat itu perkembangan optikal disk sangat pesat ini di buktikan dengan banyak format CD maupun DVD yang beredar.

Drive optik mempunyai fungsi untuk mengambil dan  membaca data pada cakram optik.Walau sekarang penggunaan berkurang akibat banyak pilihan tempat penyimpanan data portable seperti flashdisk. Drive optik  biasanya memakai nama lain seperti drive disk.


Format Media Disk Drive Optik
banyak sekali format disk optik yang populer seperti di bawah ini :

  • CD-ROM, 
  • CD-R, 
  • CD-RW, 
  • DVD-RW, 
  • DVD-R, 

R dalam format ini mempunyai arti dapat direkam dan RW berarti dapat ditulis kembali. Misalnya, cakram DVD-R dapat ditulis hanya sekali.Setelah itu data yang di dalamnya tidak dapat diubah, hanya dibaca. Format DVD-RW hampir mirip  tapi perbedaan mendasar ialah dapat ditulis ulang kembali.Anda dapat menghapus isinya dan menyimpan data baru ke disk.

Cakram yang dapat direkam dan ditulis kembali sangat berguna menyimpan file backup ketika anda menambahkan file baru maka bisa menghapus file lama

Cakram yang mempunyai awalan "CD" dapat menyimpan sekitar 700 MB data, sementara DVD dapat menyimpan sekitar 4,7 GB.Cakram Blu-ray memegang 25 GB per lapisan, cakram BD lapisan ganda dapat menyimpan 50 GB, dan lapisan tiga dan empat kali lipat dalam format BDXL dapat menyimpan 100 GB dan 128 GB.


Semua cakram optik utama, dari CD tertua hingga DVD berkapasitas tinggi terbaru, didasarkan pada spesifikasi CD asli.Mempuyai dimensi  standar berdiameter 120 mm (radius 60 mm) dengan tebal 1,2 mm, dengan lubang tengah berdiameter 15 mm yang dapat mengakomodasi poros tengah untuk berputar dari drive disk.

CD dan DVD komersial diproduksi dengan proses stamping fisik, dan disebut sebagai cakram padat atau cakram bermaterai.Cakram komersial mungkin satu sisi atau dua sisi, dan sisi data atau sisi hampir selalu merupakan warna perak reflektif. Cakram yang dapat ditulisi dihasilkan oleh pengoperasian laser daya yang relatif tinggi pada lapisan pewarna atau zat lain yang dapat diubah oleh laser.

Walaupun  memiliki kesamaan penampilan, ada banyak perbedaan antara cakram. Cakram berbeda dalam standar tertulis yang mereka dukung, pewarna dan bahan lain yang mereka gunakan, kompatibilitas dengan model penulis dan pemain yang berbeda, stabilitas arsip, dan kualitas keseluruhan.

Jenis optical disk

CD-R

Cakram CD-R
Cakram ini hanya dapat di tulis sekali saja.setelah data direkam maka tidak bisa ditimpa atau dihapus. Meskipun cakram  sebelumnya berbeda dalam kecepatan tulis maksimum yang mereka dukung.hampir semua cakram yang saat ini dijual diberi nilai 48X sampai 52X, sehingga dapat digunakan di hampir semua penulis optik. CD-R disc dapat ditulis oleh semua disk drive bahkan hampir semua pembacaan dvd .Dapat disimpulkan bahwa cakram ini dapat dibaca oleh semua drive optik atau pemutar modern manapun. 

Ada perbedaan CD-R  terutama dalam kapasitas dan kualitas. Diskyang memenuhi standar menyimpan 74 menit audio atau sekitar 650 MB data. Meski tidak standar, kebanyakan  yang sekarang terjual memiliki kapasitas sekitar 80 menit audio atau 700 MB data.
CD-RW

Cakram CD-RW
ini bermaksud bahwa cakram tersebut dapat ditulis berulang-ulang, dengan menghapus atau menimpa data lama untuk memberi ruang bagi data baru.Cakram CD-RW bisa ditulis ulang hingga 1.000 kali.

CD-RW ini lebih mengutamakan kecepatan disk jika dibandingkan dengan CD-R. Ada empat jenis media yang ada saat ini:


  • Cakram CD-RW Kecepatan Standar diberi nilai untuk pembakaran 1X sampai 4X, dan hanya dapat digunakan pada versi CD-RW  lama.
  • Cakram CD-RW High Speed dinilai untuk pembakaran 4X sampai 12X, dan dapat digunakan pada penulis CD-RW dengan logo High Speed.
  • Cakram CD-RW Ultra Speed dinilai untuk pembakaran 12X, 16X, dan 24X, dan dapat digunakan pada disk drive.
  • Cakram Ultra Speed CD-RW diberi nilai untuk pembakaran 32X, dan dapat digunakan pada penulis CD-RW dengan logo.

Meskipun semua drive optik dan pemutar CD dan DVD terbaru dapat membaca cakram CD-RW namun ternyata ada banyak masalah kompatibilitas.Banyak drive CD-ROM dan DVD-ROM belum bisa di putar semua disk drive.

Artikel Terkait

Pengertian Optical Disk Dan Gambarnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

"tinggalkan jejak kawan , karena sebuah tulisan dapat mengambarkan dirimu sendiri"