Cara Menampilkan Keyboard di laptop Windows 10



Cara Menampilkan Keyboard di layar laptop Windows 10



Cara menampilkan keyboard di laptop windows 10 - Keyboard merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mengetik kata apapun oleh user dan di tampilkan di layar laptop. Bisa di artikan sebagai papan ketik. Tanpa keyboard,Tentunya  anda tak bisa mengerjakan suatu pekerjaan dengan menggunakan komputer maupun laptop.Di lihat dari perkembangannya keyboard mengalami berbagai perubahan.

Mungkin anda pernah mengalami kesulitan mengetik karna ada salah satu tombol keyboard yang error seperti tidak bisa di tekan atau malah tak berfungsi sama sekali. hal tersebut memang wajar apabila umur laptop sudah lama namun tergantung juga bagaimana cara merawat keryboard laptop. hal ini juga banyak di lupakan kebanyakan orang dengan merawat keyboard maka laptop anda menjadi awet tanpa perlu bolak-balik service center cuma memperbaiki keyboard saja.

Terlebih lagi anda sedang mengerjakan tugas penting namun terhambat karena masalah keyboard rusak. Ini bisa membuat anda pusing. terlebih anda juga tak punya keyboard eksternal yang bisa digunakan untuk menganti keyboard sementara.Memang  butuh perawatan ekstra karena keyboard ini terpasang langsung dengan motherboard laptop.


Tapi semua itu pasti ada solusinya, yaitu menggunakan fitur On Screen Keyboard. Fitur On screen terdapat pada semua versi windows.Ini seperti menampilkan keyboard virtual di layar laptop. Ini seperti menggunakan keyboard pada smartphone bedanya jika smartphone menggunakan jari sebagai kursor sedangkan komputer/laptop tetap menggunakan mouse untuk mengetik. Menampilkan keyboard di laptop sangat berguna sekali ketika keadaan darurat seperti yang disebutkan diatas.

Jadi anda tak perlu cari keyboard tambahan bila anda sedang di kejar waktu dalam mengerjakan tugas.Nah fitur ini sebenarnya  hanya sebuah software yang dirancang untuk bisa mengerjakan semua input pada keyboard pada umunya. ketikan anda mengetik kata maka saat itu juga program akan membaca input anda melalui intruksi yang di berikan lalu mengirimnya ke CPU untuk memulai proses data tersebut. Setelah data tersebut di proses maka akan keluar perintah output seperti yang anda lihat di layar laptop.


Menggunakan virtual keyboard ini cukup mudah sekali, seperti anda mengetik di smartphone maka akan muncul keyboard. bedanya di smartphone anda menggunakan jari untuk menekan tombol sedangkan di laptop tetap menggunkan mouse untuk menekan atau memilih tombol keyboard yang akan di ketik. fitur ini juga sangat berguna untuk mendekteksi kerusakan keyboard dimana kerusakan tersebut dari sisi hardware atau software anda perlu menganalisanya kembali dengan bantuan sofware maupun teknisi yang berpengalaman untuk memastikan kerusakan yang terjadi. 


Cara Menampilkan Keyboard di laptop Windows 10
  1. klik Start Menu pilih All Program.
  2. pilih folder Accessories.
  3. lalu pilih folder Ease of Acces.
  4. klik On-Screen Keyboard.
  5. maka langsung muncul keyboard virtualnya
Cara Menampilkan Keyboard di laptop Windows 10




Cara cepat
  • Ketik osk pada menu pecarian windows.
  • Di situ akan tertera On screen keyboard.
  • Lalu tinggal enter.
  • Maka virtual keyboard akan muncul secara otomatis.
  • Cara ini bias di terapkan pada windows 7 , windows, 8,windows 10.


cara merawat keyboard laptop agar awet 
  • Jangan menekan keyboard terlalu keras.Jadi  jangan samakan cara mengetik pada keyboard pc yang cepat ke keyboard laptop.karena pada keyboard laptop tersambung langsung dengan motherboard jika keyboard laptop rusak maka perbaikannya cukup sulit disarankan gunakan keyboard tambahan jika memang anda bekerja banyak  mengetik. 
  • Gunakan pelindung keyboard  ini berguna untuk melindungi keyboard dari debu dan air.namun yang perlu diperhatikan adalah perlindung keyboard ini hanya boleh digunakan saat laptop keadaan mati atau tidak terpakai lagi karena bila anda menggunakan perlindung tersebut saat laptop beroperasi maka dapat membuat laptop menjadi panas . udara panas yang seharunya keluar di sela-sela keyboard terhalang oleh pelindung tersebut. Akibatnya lama-kelamaan laptop juga cepat rusak.
  • Hindari mengetik sambil minum ini seperti pengalaman pribadiku ketika mau minum malah tumpah pada keyboard  laptop.Untung saja pada saat itu masih bisa digunakan. 
  • Rutin bersihkan keyboard  untuk bersihkan keyboard laptop menggunakan vacum kecil agar debu yang menempel di dalam keyboard dapat hilang.
  • hindari bermain game di laptop pakai keyboard.Kita tahu sendiri bahwa bermain dengan menggunakan keyboard pasti tombolnya akan di tekan keras dalam waktu yang lama. pakailah joystick untuk bermain game karena memang jauh lebih mudah dan aman. seperti pengalaman temanku yang pada saat itu bermain game menggunakan keyboard laptop sampai salah satu tombol terlepas. saat di pasang lagi malah tombolnya tidak berfungsi.terus bawa ke service center. teryata keyboard mengalami kerusakan . solusinya ya harus ganti keyboard baru, pada saat itu juga temanku tidak mau bermain game lagi dengan menggunakan keyboard
  • Jangan pernah membongkar keyboard bila tidak berpengalaman untuk memperbaikinya. ini bertujuan untuk menghindari kesalaha yang anda buat sendiri ketika mencoba  memperbaiki keyboard karena dengan satu kesalahan yang fatal dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen lainya terutama pada motherboard. 

 

Artikel Terkait

Cara Menampilkan Keyboard di laptop Windows 10
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

"tinggalkan jejak kawan , karena sebuah tulisan dapat mengambarkan dirimu sendiri"