Cara mengatasi CPU usage yang selalu 100 %

Cara mengatasi CPU usage yang selalu 100 % windows 10 - Ketika menjalankan suatu aplikasi malah mendapatkan peringatan yang seperti di atas. hal tersebut berarti CPU bekerja sampai 100 %.
Padahal sebelumya anda juga pernah menjalankan aplikasi yang sama tapi lancar saja terus kenapa ini bisa terjadi?.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan cpu usage 100 %.Sebenarnya hal tersebut tak perlu di khawatirkan.Namun bila anda tidak menjalankan suatu program tapi mendapatkan peringatan tersebut.Maka anda perlu waspada karena mungkin saja prosesor overheat.


Setiap kemampuan prosesor ternyata berbeda karena processor mempunyai tegangan sendiri  dengan satuan GHz sebagai daya tampung untuk menjalakan setiap perintah.Sebagai contoh  suatu processor memiliki kecepatan 2 Ghz yang artinya processor tersebut mempunyai daya tampung 2 miliar data dalam 1 detik.

Kadang kala anda juga pernah menjalankan suatu aplikasi tiba-tiba dapat pemberitahuan bahwa program not responding.Ini bisa terjadi karena anda memaksakan  processor  untuk bekerja lebih keras dengan menjalankan aplikasi yang tidak sebanding dengan spefikasi laptop.Didalam cpu juga terdiri dari beberapa komponen seperti dibawah ini

Unit kontrol
ini berfungsi mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU. bertugas untuk  mengontrol komputer sehingga dapat menjalakan tugas  masing  antarkomponen. ini juga  fungsi utama unit kontrol yaitu mengambil intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi mana yang akan dipakai.


Register 
yaitu suatu perangkat penyimpanan kecil yang memiliki kecepatan akses yang  cukup tinggi, berfungsi untuk menyimpan data dan maupun perintah yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara yang hanya digunakan saat data mula diolah. layaknya seperti ingatan pada otak manusia.jika kita melakukan suatu pekerjaan maka otak akan menyimpan segala macam informasi yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut

ALU
yaitu unit yang berfungsi  untuk melakukan pekerjaan  operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang telah ditentukan. biasanya di sebut juga dengan bahasa mesin. terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing mempunyai spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmetika yang terjadi sesuai dengan perintah program. mengerjakan semua perintah aritmetika dengan dasar penjumlahan

Cara mengatasi cpu usage 100 % Windows 10


cpu usage 100 %


Sebenarnya banyak sekali solusi untuk mengatasi permasalah tersebut.Salah satunya dengan mematikan program yang tidak penting di background.Seperti di bawah ini
  • buka task manager pada menu pencarian windows.
  • di situ akan terlihat semua process aplikasi yang berjalan,service serta laporan performa komputer seperti penggunaa cpu,disk,ram,cache dan penggunaa internet.
  • pilih menu process pada task manager.
  • coba lihat pada lingkaran merah,di situ tertulis nama aplikasi, penggunaan cpu serta jumlah penggunaan ram   pada programi tersebut.
  • pilihlah program yang penggunaan cpu paling tinggi,karena bisa jadi inlah penyebab cpu usage 100 %.
  • lalu sobat tinggal klik kanan pada program tadi kemudian pilih end process
  • maka aplikasi tadi di paksa berhenti



Disable aplikasi berjalan start up 
ada beberapa aplikasi yang langsung berjalan secara otomati saat anda menyalakan komputer.Itu mengapa komputer membutuhkan waktu beberapa detik sebelum anda mengoperasikannya.Karena saat itu ada program yang berjalan di start up misalnya seperti pada aplikasi anti virus
  • Buka task manager. 
  • Pilih pada startup.
  • Di situ akan di ketahui mana program yang berjalan pada startup, 
  • ukup anda disable saja program mana yang sekiranya tidak pernah dipakai

Pilihlah aplikasi yang sekiranya memang di perlukan saja lalu uninstal program tidak pernah di gunakan.Seperti pada game ,aplikasi berat.Jangan paksakan laptop untuk banyak melakukan multitasking apalagi pada aplikasi game maupun aplikasi grafis sedangkan spekfikasi laptop yang anda punya tak mendukungnya.

kesimpulan : jika tips diatas juga belum berhasil maka kemungkinan besar laptop anda terkena malware.Perlu anda ketahui bahwa  malware ini yang secara diam dapat  menjalankan suatu program di laptop tanpa anda sadari.Maka dari itu anda perlu aplikasi anti malware. Antivirus yang jarang diperbaruhi juga virus dapat mudah masuk ke jaringan komputer.Yang perlu di ingat virus saat ini cukup cerdik melewati pemeriksaan dari aplikasi antivirus maka anda perlu aplikasi antivirus yang lebih powerfull.

Artikel Terkait

Cara mengatasi CPU usage yang selalu 100 %
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

"tinggalkan jejak kawan , karena sebuah tulisan dapat mengambarkan dirimu sendiri"