Cara Remote Komputer Dengan Teamviewer

Cara Remote Komputer Dengan Teamviewer
Cara Remote Komputer Dengan Teamviewer -Kegiatan mengendalikan komputerjarak jauh atau istilah kerenya di sebut remote dektop windows memang sangat mengaksikan. kita bisa mengendalikan komputer teman, kerabat atau orang lain pun.Coba anda bayangkan jika laptop anda sendiri di kendalikan oleh orang lain pasti repotkan.


Hal ini juga dialami temanku yang merasa kebingungan saat kursor mouse laptopnya bergerak sendirinya atau saat keyboard bisa mengetik sendiri seolah-olah ada yang mengerakanya ,karena hal tersebut temanku berfikir bahwa ada seseorang meretas laptopnya.

Dalam mengakses komputer secara jarah jauh kita membutukan aplikasi remote tersebut.Sebenarnya dalam  sistem operasi windows 10 dan versi sebelumnya  pun sudah di lengkapi sofware ini yang dinanamakan Remote Dektop Connection.Anda juga bisa gunakan aplikasi contohnya TeamViever


TeamViewer adalah paket perangkat lunak komputer eksklusif untuk remote control , sharing desktop pertemuan online, konferensi web dan transfer file antar komputer.


TeamViewer tersedia untuk Microsoft Windows , Mac OS X ,  Linux , Chrome OS ,iOS ,Android Windows RT,Windows Phone 8 dan sistem operasi BlackBerry . Hal ini juga memungkinkan untuk mengakses mesin yang menjalankan TeamViewer dengan browser web Sementara fokus utama dari aplikasi ini adalah remote control komputer, kolaborasi dan fitur presentasi disertakan.

TeamViewer dapat digunakan tanpa biaya oleh pengguna non-komersial,dan versi Business, Premium dan Corporate tersedia.

TeamViewer GmbH didirikan pada tahun 2005 di Göppingen , Jerman . Perusahaan ekuitas swasta yang berbasis di Inggris Permira mengakuisisi TeamViewer GmbH dari pengembang perangkat lunak GFI Durham, North Carolina pada tahun 2014.Perusahaan ini juga menyelenggarakan layanan awan cadangan online yang disebut Airbackup.

Membangun koneksi
TeamViewer dapat diinstal dengan prosedur instalasi , walaupun versi 'Quick Support' akan berjalan tanpa instalasi.Untuk terhubung ke komputer lain, TeamViewer harus berjalan di kedua mesin. Untuk menginstal TeamViewer, diperlukan akses administrator , tapi setelah diinstal, bisa dijalankan oleh pengguna manapun. Saat TeamViewer dimulai di komputer, ia menghasilkan ID dan kata kunci mitra (kata kunci yang ditetapkan pengguna juga didukung). Untuk membuat koneksi antara klien lokal dan klien jarak jauh, ID TeamViewer yang dihasilkan dan kata sandi dari kedua klien diperlukan. Klien lokal memerlukan ID klien dan kata kunci remote untuk mendapatkan kontrol atas klien jarak jauh, sedangkan klien jarak jauh memerlukan ID klien dan kata sandi klien untuk mendapatkan kontrol atas klien lokal.

Untuk memulai pertemuan online, presenter memberikan ID Rapat kepada peserta. Mereka bergabung dalam pertemuan tersebut dengan menggunakan versi lengkap TeamViewer.Hal ini juga memungkinkan untuk menjadwalkan pertemuan terlebih dahulu.

Keamanan
TeamViewer menggunakan enkripsi sesi private / public key exchange (2048-bit) dan AES (256-bit).
Dalam konfigurasi default, TeamViewer menggunakan salah satu server TeamViewer.com untuk memulai koneksi dan perutean lalu lintas antara klien lokal dan mesin host jarak jauh. Perangkat lunak kemudian menentukan bagaimana membuat koneksi. Dalam 70% kasus setelah jabat tangan, koneksi langsung melalui UDP atau TCP terbentuk; koneksi lainnya diarahkan melalui jaringan router TeamViewer GmbH (melalui TCP atau HTTP-tunneling).(Sumber :Wikipedia)

Cara Remote Komputer Dengan Teamviewer
  • instal terlebih dulu aplikainya 
  • jika sudah buka langsung saja
  • lihat your id dan pasword anda, catat jika perlu.
    setting TeamViewer
  • perhatikan sebelah kanan , masukan id dan pasword patner (komputer yang ingin diremote )
  • lalu pilih log on.  
  • jika sudah tersambung maka tampilan laptop  sama persis dengan komputer yang di remote. 


Catatan :

  •  Nama ID dan pasword bersifat random artinya ketika anda restar laptop maka id dan pasword anda di teamviever  akan berubah hal ini bertujuan untuk keamanan. sekali seseorang mengetahui id dan pasword maka dapat meremote dan mempuyai akses penuh pada laptop  anda  tentunya  dengan memasukan id beserta pasword tadi di aplikasi teamviever miliknya, seperti kasus videotron di jakarta  yang sempat viral di media sosial hal tersebut terjadi akibat kelalaian
  • anda  juga bisa mengganti id dan pasword jadi permanen (menggunakan IP address)  artinya tidak dapat di ubah. karena ketahui bahwa jika ingin meremote memang harus tahu terlebih dahulu id  dan paswordnya , repotnya jika anda tidak tahu id dan paswordnya yang sudah berubah. ini cuma sekedar rekomendasi dari  admin sebaiknya id dan pasword  tetap settingan defaut artinya tetap random.  jadi misalnya ingin meremote laptop teman untuk membantu  perkerjaan maka anda tinggal meminta id beserta pasword pada aplikasi teamviever layaknya seperti melakukan konfimasi terlebih dahulu bahwa anda hendak melakukan remote pada laptop teman
  • harus  tersambung dengan jaringan internet. 
  • komputer yang ingin di remote juga harus terinstal sofware teamviever. 



Artikel Terkait

Cara Remote Komputer Dengan Teamviewer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

"tinggalkan jejak kawan , karena sebuah tulisan dapat mengambarkan dirimu sendiri"